Ingin Sedekah Tapi Tidak Punya? Sedekah Dalam Kemiskinan


Sedekah Dalam Kemiskinan,Cerita Motivasi Islam


Ada sahabat Rasulullah SAW. yang namanya Abu Dzar al-Ghifari. Beliau adalah sahabat Rasulullah yang miskin, yang ditakdirkan tidak mampu dan tidak punya harta yang banyak.

Suatu ketika beliau menyampaikan kepada rasulullah “wahai rasulullah aku iri dengan orang kaya itu” Kata abu dzar. Lalu rasulullah bertanya “kenapa kamu iri ya Abu Dzar”.

Abu Dzar menjawab “ya iri ya rasululah,dia bisa shalat  seperti aku shalat,dia bisa puasa seperti aku puasa, dia bisa melakukan ibadah-ibadah lain seperti yang aku lakukan. Tapi ada satu ibadah yang bisa dilakukan dia dan saya tidak bisa melakukannya rasulullah”.  “Apa” tanya Rasulullah kepada Abu Dzar.

“Wahai Rasulullah, orang-orang kaya itu bisa melakukan ibadah yang lain dan bisa melakukan sedekah, sedangkan aku tidak punya harta maka aku akan sedekah apa”
Kemudian Rasulullah bertanya “Wahai Abu Dzar, kalau dirumah masaknya apa?” Abu Dzar manjawab “Kalau dirumah istriku masak Sop istimewa”

Lalu Rasulullah kaget “Katanya gak punya apa-apa,kok bikin supnya istimewa” Abu Dzar menjelaskan “Wahai Rasulullah Sop istimewa buatan istriku terbuat dari air, irirsan bawng dan sedikit garam”.

“Wahai Abu Dzar pulang sana, tambah airnya,garamnya,irisan bawangnya setelah itu bagikan kepada tetangga-tetangga”.

Abu Dzar berlari menuju rumah,Lalu menambahkan air,menambahkan garam,menambahkan irisan bawang dan dibagilah masakan istimewa itu kepada tetangga-tentangga Abu Dzar.

Tentu tetangganya bingung “Masyaallah,abu dzar tidak punya tapi mau berbagi dengan kita walaupun hanya sop sederhana”. Kemudian tetangga yang lain bertanya kepada istrinya “wahaiistriku sedang masak apa kita hari ini?”. jawab istrinya “kita sekarang sedang masak sop yang terbuat dari daging kambing”. “kirim ke Abu Dzar” suruh suaminya.

Maka disiapkan mangkuk dan kemudian dikirimkan sop daging kambing. Pada hari itu Abu Dzar kaget karena dia hanya memberikan yang berupa air,garam,dan irisan bawang kemudian Allah kirimkan masakan yang terbuat dari daging kambing.

Seandaimya hari itu Abu Dzar tidak bersedekah dengan sop yang isitmewa tadi maka belum tentu Allah akan mengirimkan rizki berupa sop daging kambing.

Jadi, kalau kita memiliki harta jangan kita memendam harta itu,menahan harta itu.
Kalaupun kita tidak punya rizki yang banyak, carilah apa yang bisa kita sedekahkan.
Kalau kita punya ilmu sedekahkan ilmu, kalau kita bisa menolong orang lain tolong orang lain, kalau kita bisa mnedoakan orang lain,doa kan orang lain.


لَنْ تَنَالُوا الْبِرَّ حَتَّىٰ تُنْفِقُوا مِمَّا تُحِبُّونَ ۚ وَمَا تُنْفِقُوا مِنْ شَيْءٍ فَإِنَّ اللَّهَ بِهِ عَلِيمٌ

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya. (QS. Ali Imran:92)

Komentar